Cara membuat masker madu untuk wajah merupakan salah satu usaha untuk tampil cantik dengan bahan alami, yakni madu. Sebetulnya, ini adalah artikel lanjutan untuk series kecantikan dengan madu. Sebelumnya, saya sudah menuliskan sebuah artikel tentang cara memutihkan wajah dengan madu. Nah artikel ini juga akan membahas bagaimana madu bisa dijadikan untuk masker perawata wajah dan bermanfaat untuk kulit.

Cara membuat masker madu untuk wajah cukup mudah dan bisa Anda lakukan di rumah. Tentu bahan yang paling utama untuk disediakan adalah madu. Jenis madu yang terbaik adalah madu murni, karena alami dan belum mengalami proses secara kimiawi. Selain kealamiannya terjaga, madu murni juga mempunyai nutrisi yang masih asli dan banyak.

Inilah Cara Membuat Masker Madu Untuk Wajah

  1. Masker Madu Untuk Jerawat
    Jerawat sebetulnya merupakan sebuah hal umum dan normal terjadi pada setiap orang. Adapun pada golongan usia tertentu bisa mendapatkan lebih banyak jerawat, karena pengaruh hormon. Nah, cara membuat masker madu untuk wajah yang satu ini bisa kita khususkan untuk menuntaskan jerawat. Berikut caranya:
    Bahan yang diperlukan:
    – 3 sendok teh madu murni
    – 1/2 sendok teh kayu manis
    Cara membuatnya Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikannya pada wajah. Setelah itu, Anda bisa membiarkannya selama 10 – 30 menit sebelum dibilas. Namun harus diingat, jika kulit Anda terlalu sensitif, sebaiknya lakukan uji coba dulu. Terkadang, kayu manis dapat menyebabkan iritasi.
  2. Masker Madu Untuk Kulit Kering
    Kelembaban kulit merupakan satu hal yang harus diperhatikan. Kulit yang kering terkadang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Selain itu, kulit kering juga bisa dikategorikan sebuah masalah yang terjadi pada kulit. Terlebih lagi, jika kulit yang kering tersebut ada di bagian wajah. Tentu saja ini menjadi suatu masalah yang tidak kecil, mengingat wajah bisa mempengaruhi kepercayaan diri. Berikut cara membuatnya:
    Bahan yang harus disediakan:
    – 1 sendok teh madu murni
    – 1 sendok teh yogurt susu murni
    – 1 sendok teh daging alpukat yang sudah ditumbuk
    Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahannya hingga menjadi halus. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikannya ke wajah Anda dan diamkan selama 20 – 30 menit. Campuran ini mampu melembabkan dan menghaluskan kulit. Anda bisa menggunakan masker ini beberapa kali dalam satu minggu.
  3. Masker Madu Untuk Kulit Sensitif
    Cara membuat masker madu untuk wajah yang ketiga ini, kita khususkan untuk mengatasi kulit yang sensitif. Tentunya risih ya kalau kulit sedikit-sedikit sensitif dan bereaksi terlebih terhadap zat tertentu. Mari kita membuat maskernya dengan cara berikut ini:
    Bahan yang harus Anda siapkan:
    – 2 sendok teh madu murni
    – 1 sendok teh daging lidah buaya
    Cara membuatnya kita awali dengan mengaduk kedua bahan tersebut hingga benar-benar tercampur dan halus. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan diamkan 10 – 30 menit. Lidah buaya mampu menenangkan peradangan, sangat cocok untuk kulit sensitif dan mudah iritasi. Anda bisa menggunakan masker ini setiap hari jika Anda mau, aman kok!
  4. Masker Madu Untuk Bekas Luka dan Bintik Hitam
    Bekas luka dan bintik gelap atau hitam sungguh sangat mengganggu bagi kebanyakan orang, terlebih jika hal tersebut munculnya di wajah. Nah, pada poin ke empat kita akan bahas tentang cara membuat masker madu untuk wajah yang ada bekas lukanya dan bintik-bintik hitam atau gelap. Berikut cara pembuatannya:
    Bahan yang harus disediakan:
    – 2 sendok madu murni
    – ½ sendok teh jus lemon (air perasan lemon)
    Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, kemudian aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 20 – 30 menit. Lemon mempunyai kemampuan untuk mencerahkan bintik hitam/gelap dan menyamarkan bekas luka.

Madu Apa Yang Terbaik Untuk Masker Madu?

Sebetulnya, madu apapun bisa digunakan untuk masker ini. Namun, kebanyakan praktisi di luar negeri yang mempraktekan cara membuat masker madu untuk wajah lebih suka menggunakan madu asli dan murni. Mengapa demikian? Karena madu tersebut belum diproses dengan kimiawi dan sebagainya, jadi manfaat madunya lebih terjaga. Nah untuk itu, saya juga menyarankan kepada Anda untuk menggunakan madu murni saat akan mengaplikasikan cara membuat masker madu untuk wajah.